Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan - Hallo sahabat Tutorial Mbah Googles, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel Khasiat dan Manfaat Sayuran, Artikel Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan
link : Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca juga


Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun Bawang atau yang bernama latin Allium fistulosum ini merupakan bahan penyedap masakan, yang sering digunakan di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Khususnya di Indonesia bahan yang satu ini tentu sangat mudah ditemukan karena memang masakan sehari-harinya tidak lepas dari bawang daun. Mulai dari membuat telur dadar, membuat sayur, nasi goreng, martabak dan masakan yan lainnya.


Seperti yang kita ketahui bahwa tidak hanya bawang daun saja yang selalu menemani masakan didapur, bawang merah dan bawang puith juga setia menemani. Memang dari semua bawang itu keluar aroma yang akan menggugah selera makan kita. pokonya sangat ma'yoss dehh

Beberapa varian yang memang cukup dikenal dimasyarakat yaitu daun bawang semprong dan daun bawang prei. Secara fisik memang sangat berbeda namun tetap memilki aroma dann kandungan yang sama. Daun bawang semprong memiliki umbi kecil dan berdaun bulat sementara daun bawang prei memiliki umbi tetapi memiliki daun yang lebih panjang.

Daun bawang memang sudah ditanaman berabad-abad yang lalu di Negri Cina dan Jepang. Bawang ini merupakan tanaman tahunan yang dibudidayakan, dan merupakan bahan masakan yang penting sehingga diberi nama “Japanese Bunching onion”.

Di Indonesia ini bawang daun akan sangat mudah ditemukan, karena memang banyak sekali  tersedia di supermarket maupun di pasar tradisional. Nah untuk membuat bawang ini tidak mudah membusuk, simpanlah di lemari pendingin utuh dengan akarnya. Jangan sampai anda potong  karena akan membuatnya cepat busuk.

Taukah anda bahwa bawang daun ini tidak hanya bermanfaat untuk menciptakan masakan menjadi nikmat, namun dibalik itu terdapat seribu manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. tidak  kalah dengan manfaat bawang bombay yang kami posting sebelumnya. Ternyata kandunan gizi pada bawang daun ini lumayan banyak, mulai dari Vitamin A, C, K, asam folat, potassim, kalsium, lemak protein dan rendah kalori.

Inilah Manfaat yang Ada pada Bawang Daun

Nah lalu apa saja manfaat bawang daun untuk kesehatan ? Langsung aja anda simak dibawah ini :

Manfaat Bawang Daun untuk Kesehatan
  • Menjaga Kesehatan Mata

Penglihatan kita tentunya akan terus berkurang selaras dengan bertambahnya usia ataupun karena perbuatan kita sendiri yang berakibat patal untuk kesehatan mata . mata memangssalah satu indra penting yang harus selalu kita jaga kesehtannya. Nah dari itu tidak hanya wortel saja ataupun buah apel yang bagus untuk mata. Namun kandungan pro-Vitamin A pada bawang daun ini mampu mencukupi asupan kebutuhan untuk menjaga kesehatan mata.
  • Menyehatakan Jantung

Berbicara tetang jantung memang tidak semua orang tertarik, namun jika jantung kita kurang sehat dapat mengggu aktivitas yang kita jalanni. Nah dari itu kandungan polisulfida pada bawang daun ini sangat membantu kita dalam melindungi jantung dari berbagai serangan penyakit dan menjaganya agar tetap sehat. Kandungan ini juga membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga akan mencegah terjadinya sakit jantungan dan serangan jantung.
  • Menjaga keseshatan Tulang

Vitamin K merupakan vitamin yang bermanfaat dalam menjaga kesehtan tulang jangka panjang dan juga dapat membantu regulasi sel sehingga dapat mencegah demineralisasi tulang. Hal tersebut juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin (menjaga kepadatan mineral tulang agar tidak terjadi berbagai penyakit pada tulang). Nah vitamin K ini banyak terdapat pada Bawang daun.Jadi janganlah sungkan ketika masakan kita dikerumuni oleh bawang daun ini.
  • Mencegah Anemia

Kandungan ferroportin menyimpan zat besi pada bawang daun, hal ini memapu meningkatkan produksi darah. Nah bagi anda yang kekurangan darah cobalah konsumsi bawang daun baik secara menta maupun sudah masak.
  • Meningkatkan Sistem Imun

Pada daun bawang  terkandung senyawa antioksidan yang tinggi yaitu quercetin dan kemferfol. Kedua senyawa ini sangat baik untuk kulit dan mampu meningkatkan sistem imunitas secara menyeluruh. Nah dari itu bagus sekali untuk kita supaya terjaga dari berbagai penyakit seperti pilek, demam dan flu, baik kita mengkonsumsinya langsung atau dibutkan menjadi jus.
  • Mencegah Insomnia

Aroma yang keluar dari bawang kadang memberikan efek menenangkan, nah ketika kita mengkonsumsi daun bawang tersebut ketika malam hari makan kita akan terhindar dari insomnia atau yang serin kita sebut susah tidur dimalam hari.
  • Mengobati Diabetes

Ketika kita mengkonsumsi daun bawang secara rutn ketika malam hari dan paginya setiap hari, tidak hanya menceah datangnya penyakit diabetes, namun juga mempu mrngobatinya. Nah untuk menambahkan campuran jus terebut hindari menambahkan gula. Akan lebih baik jika kita mengkonsumsinya secara alami saja tanpa camouran.
  • Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan Asam Polat pada daun bawang cukup tinggi, sehingga sangat dibutuhkan oleh wanita hamil  untuk mengoptimalkan perkembangan si janin dan meninkatkan kecerdasan otaknya. Nah jika seorang wanita hamil kekurangan asam polat terebit akan mengakibatkan rentan keguguran atau mudah sekali kelelahan.
  • Menyehatakan Pencernaan

Daun bawang akan sangat membantu dalam proses penyerapan zat-zat yang ada dalam makanan, karena pada daun bawang teradapat serat yang cukup tinggi. Selain itu juga daun bawang ini dapat mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.
  • Mengobati cacingan

Anak yang kurus dan kurang aktif biasanya cenderung terkena penyekit cacingan. Nah untuk mengobati hal itu bisa kita gunakan bawang daun. Caranya sangat simpel yaitu dengan menambakan daun bawang pada setiap makanannya. namun akan jauh lebih baik jika kita  memberikan sop yang mengandung bawang daun. Hal ini karena senyawa didalamnya masih utuh.

Ternyata tidak hanya untuk kesehatan saja,  namun bawang daun ini dapat kita manfaatkan juga untuk kecantikan kita. beberapa  manfaatnya dapat kita baca dibawah ini:
  • Mencerahkan kulit

Tentunya idaman semua orang untuk memiliki kulit cerah dan menawan, ternyata dengan bawang daun ini kita bisa memperolehnya. Kandungan vitamin C nya mampu mencegah pigmentasi kulit dan mampu mengangkat sel kulit sehingga selalu tampak cerah dan lebih muda.
  • Menghilangkan Jerawat

Kandunan zat allicin pada daun bawang bersifat sebagai antibakteri. Nah hal ini membuat daun bawang dapat kita gunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Caranya cukup dengan mengoleskan irisan daun bawang pada wajah yang berjerawat atau dengan cara menumbuknya dan sama dioleskan pada wajah.
  • Menyehatkan Rambut

Cukup kita gunakan bawang daun ini sebagai maskara rambut, yaitu dengan cara: pertama ambilah daun bawang secukupnya kira-kira menjadi segengga tangan ketika sudah dipotong-potong, kemudian rebus dengan air 1 gelas selama ssetengah jam. Kemudian ambil kembali daun bawangnya dan celupkan dalam air es sekitas=r 2 menit. Dan belenderlah dengan menambahkan setengah cankir minyak zaitun. Terakhir tinggal kita keramaskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit sambil dibungkus dengan shower cap/ handuk juga boleh.
  • Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga memapu untuk menangkan radikal bebas penyebab rusaknya keremajaan kulit.

Memang bawang daun itu sangat bermanfaat untuk tubuh kita muali dari mencegah berbagai penyakit juga bermanfaat untuk kecantikan. nah mungkin itu yang dapat kami berikan kepada kalian.  Mudah-mudahan dengan artikel ini kita bisa lebih memanfaatkan apa yang dekat dengan kita salah satunya manfaat bawang daun untukkesehatan ini.


Demikianlah Artikel Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sekianlah artikel Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan dengan alamat link http://mbahgoogles.blogspot.com/2017/11/manfaat-daun-bawang-untuk-kesehatan-dan.html

0 Response to "Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar